Sabtu, 27 Februari 2010

Tak Patut Menepuk Dada

Kemenangan Arema atas Persebaya Minggu (21/2) lalu yang sedikit kontroversial masih mengusik pikiran saya. Jika melihat papan skor, sekilas terlihat Singo Edan telah mampu menuntaskan dendam kesumatnya kepada Bajul Ijo atas kekalahan pada pertemuan di paruh musim pertama. Namun jika melihat asal muasal terciptanya gol Arema, timbul pertanyaan dalam benak saya, "Apa pantas bangga memenangkan suatu pertandingan yang ada kecurangan di dalamnya? Mana sisi fair play-nya? Apa guna kata 'fair play' yang selama ini didengung-dengunkan?"
"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang,...." (83 : 1)
Yang membuat saya heran, mengapa wasit Olehadi tetap memberikan hadiah penalti untuk Arema jika jelas-jelas Ridhuan melakukan diving? Bukankah seharusnya Ridhuan diganjar kartu kuning? Pertanyaan yang 'hanya' mampu dijawab Olehadi sepertinya. Yang jelas saya tak bangga dengan kemenangan Arema ini walau Arema berhasil menjinakkan Persebaya yang notabene adalah musuh bebuyutan. Derby Jatim antara Singo Edan dan Bajul Ijo tensinya sangat tinggi. Untuk pertandingan seperti ini, wasit pun harus bekerja semaksimal mungkin dan profesional. Namun kepemimpinan wasit Olehadi di laga ini jujur saja, sangat mengecewakan menurut saya.
Seharusnya sikap fair play benar-benar harus dijunjung tinggi. Saya bangga pada Arema jika bermain secara bersih dan jujur. Entah itu mesin poin Arema berjalan cepat atau lambat, asal bermain bersih saya tetap bangga terhadap klub kota Malang tersebut.
".... hendaklah kamu menjadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa... (5:8)
Semoga kejadian tersebut tak terulang kembali. Lebih baik kalah tapi jujur daripada menang tapi curang. Kemenangan yang berbau kecurangan tak akan pernah menentramkan hati.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

sepakbola indonesia masih mengecewakan terutama dalam fair dan rusuhnya
:(

Sri Lestari mengatakan...

bener banget T.T