Senin, 08 Februari 2010

Kompetisi yang Aneh

Bingung. Itulah yang ada dalam pikiran saya ketika mengamati kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, ISL. Harapan agar musim ke-2 ini lebih baik dari musim pertama, nampaknya agak sulit untuk terwujud. Kompetisi belum juga separuh jalan, tapi ada hal aneh menurut saya. Jadwal yang aneh. Ada klub yang diliburkan bertanding seperti Persib, Sriwijaya FC, Pelita Jaya, dan Persija. Di saat ada klub yang sudah melakoni 7 laga, tetapi mereka masih melakoni 2 laga. Sungguh selisih pertandingan yang sangat kontras. Jika selisihnya 1 pertandingan, seperti umumnya terjadi di liga-liga Eropa, mungkin masih bisa dimaklumi.
Alasan klub-klub tersebut diliburkan sementara selama kurang lebih 1 bulan adalah karena pemain mereka banyak yang dipanggil oleh Benny Dolo untuk memperkuat timnas merah putih dalam menghadapi Pra Piala Asia 2011.
Menurut saya, seharusnya klub-klub tersebut tidak perlu diliburkan. Tetap berlaga di ISL layaknya klub-klub yang lain. Mereka masih bisa memaksimalkan sisa pemain yang mereka miliki sehingga bisa menambah jam terbang pemain yang mungkin sering menghuni bangku cadangan. Dengan begitu, materi pemain akan menjadi seimbang jika mereka benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. Toh sama saja dengan menunggu pemain timnas kembali ke klub setelah berlaga di Pra Piala Asia. Pemain-pemain timnas pastinya juga kelelahan setelah membela timnas Indonesia, sedangkan klub-klub tersebut harus berlaga dengan jadwal yang padat untuk mengejar ketertinggalan mereka. Jika mereka tidak pintar-pintar mengatur strategi, terpeleset sedikit, pasti akan berakibat fatal.
Melihat klasemen ISL, saya kadang bingung juga dengan peta kekuatan klub-klub di Indonesia.
Maju terus sepak bola Indonesia!

Tidak ada komentar: