Minggu, 28 Juni 2009

Kejutan-kejutan di Piala Konfederasi 2009

Dua pekan sudah Piala Konfederasi 2009 dihelat di Afrika Selatan. Banyak sekali kejutan yang tercipta di hajatan 4 tahunan FIFA tersebut, diantaranya :
1. Mesir mengalahkan Italia 1-0
Sungguh mengejutkan memang, mengingat Italia datang ke Afrika Selatan dengan predikat juara dunia dan kualitas negeri Pizza tersebut masih di atas Mesir tentunya. Tetapi kenyataannya, Mesir bisa memudarkan keperkasaan Italia seperti kostum Italia yang warnanya biru memudar.
2. USA lolos ke semifinal
USA berada di grup B bersama Italia, Brazil, dan Mesir. Di grup B tersebut, diprediksi Italia dan Brazil yang akan melenggangang ke semifinal. Tetapi di luar dugaan banyak pihak, USA lah yang lolos ke semifinal menemani juara dunia 5 kali, Selecao.
3. USA lolos ke final
Lagi-lagi USA membuat kejutan. Kali ini Spanyol lah yang dibuat terperangah. Unggul 2-0 atas Spanyol di semifinal, USA pun sukses melenggang ke final Piala Konfederasi untuk kali pertama sekaligus menghentikan rekor 15 kemenangan berturut-turut milik La Furia Roja.
Tetapi sayangnya di final, USA gagal menciptakan kejutan untuk ketiga kalinya. Brazil sukses membuat negeri Paman Sam tersebut menangis. Walaupun sempat unggul 2-0 atas Brazil, tetapi tampaknya mental juara Brazil yang berbicara. Dan akhirnya Brazil lah yang berhak menggondol Piala Konfederasi 2009 setelah mengandaskan USA 3-2.
Berikut daftar juara Piala Konfederasi :
1997 : Brazil (Runner-up : Australia)
1999 : Meksiko (Runner-up : Brazil)
2001 : Prancis (Runner-up : Jepang)
2003 : Prancis (Runner-up : Kamerun)
2005 : Brazil ( Runner-up : Argentina)
2009 : Brazil (Runner-up : USA)

Tidak ada komentar: