Jumat, 12 Desember 2008

Premiership Kehilangan Identitas

EPL terkenal sebagai liga terbaik di dunia. Tapi seperti pepatah ‘tiada gading yang tak retak’. EPL juga memiliki kekurangan yaitu kehilangan identitasnya liga di negeri Ratu Elizabeth. Sebagai kompetisi kasta tertinggi di Inggris, sudah sewajarnya banyak pemain asal Inggris yang bermain di klub-klub EPL. Tapi kenyataannya di luar dugaan. Pemain asing sangat merajalela di EPL. Yang paling kentara adalah di Arsenal. Pemain Inggris yang sering dipasang di line up Arsenal hanya Theo Walcott. Sungguh riskan bukan?


Premiership Pictures, Images and Photos


Kepemilikan klub oleh investor asing pun telah menjadi tren di Premiership yang saat ini ada 9 dari 20 klub Premiership yakni Chelsea, MU, Manchester City, Liverpool, Aston Villa, Portsmouth, West Ham, Sunderland, dan Fulham yang dimiliki oleh investor asing. Klub-klub EPL juga terkenal royal dalam menggaji maupun membeli pemain. Oleh karena itu tidak heran jika pemain-pemain dari negara lain lebih tergiur berkelana di Liga Inggris daripada di liga-liga yang lain.

Jika ini terus dibiarkan, maka akan berdampak buruk terhadap timnas Inggris sendiri. Oleh karena itu saya sangat setuju aturan “5+6”, yaitu 5 pemain asing dan 6 pemain lokal di line up. Dengan begitu, bibit-bibit lokal akan terselamatkan.

Tidak ada komentar: