Jumat, 12 Desember 2008

Bundesliga Pantas Dijadikan Panutan

amor Bundesliga memang masih kalah jauh dari EPL, Liga Spanyol, maupun Serie-A. tapi dalam urusan keuangan, Bundesliga patut menepuk dada dan dijadikan panutan. Khususnya untuk otoritas tinggi EPL dalam menghadapi banyaknya hutang yang ditanggung oleh klub-klub EPL patut mencontoh Bundesliga, sebab Bundesliga mempunyai solusi untuk mengatasi menumpuknya hutang klub.


Sebelum menjalani kompetisi, Bundesliga mengadakan regulasi soal kesiapan finansial sebuah klub sebelum menjalani kompetisi. Pada setiap akhir musim, klub-klub kontestan Bundesliga harus mengajukan izin kepada DFB untuk bisa tampil di musim berikutnya. Kebijakan tersebut diambil untuk pemeriksaan rutin terhadap kondisi keuangan setiap klub. Hanya klub yang kondisi keuangannya baik dan tidak bermasalah yang bisa kembali tampil. Kalau tidak, harus ada perbaikan.


Bundesliga Pictures, Images and Photos


Selain itu, DFB mempunyai akses terhadap seluruh dokumen transfer dan memiliki sistem untuk menilai kondisi klub yang berada dalam pengawasan. Do jerman, tidak boleh ada individu yang memiliki saham sampai 49% di salah satu klub Jerman.
Klub Bundesliga pun tudak begitu jorjoran dalam menggaji dan mentrasfer pemain. Oleh karena itu jarang sekali pemain bintang yang bertebaran di Bundesliga.
Tapi hal itu bisa bermanfaat karena di saat klub-klub EPL kelimpungan karena hutang yang menumpuk, klub-klub Bundesliga tetap tenang-tenang saja.

Tidak ada komentar: